jump to navigation

Nilai Persatuan dan Kesatuan Mulai Meluntur June 28, 2009

Posted by alshirezy in Artikel.
trackback

kesatuanApabila kita mencermati situasi dan kondisi aktual saat ini, istilah Bhineka Tunggal Ika yang mengandung nilai menghargai perbedaan demi kemajuan bersama, mulai meluntur sedikit demi sedikit khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa.

Perbedaan seragam sekolah ataupun almamater kampus membuat mereka paling berkuasa. Tak ayal, perkelahianpun sering terjadi dengan alasan sepele yang tidak bisa dibenarkan.

Tak terlalu bermasalah jika perkelahian pelajar tersebut tidak meninggalkan kerugian bagi masyarakat sekitar. Namun bagaimana  jika perkelahian tersebut berakhir dengan melayangnya nyawa pelajar? Siapa yang akan disalahkan? Sekolahkah atau orang tua yang kurang mengawasi pergaulan anak-anaknya?

Cerminan Kesatuan

Begitulah, seringnya terjadi peperangan dan perkelahian antara pelajar/mahasiswa menjadi bukti nyata dari bobroknya nilai persatuan dan kesatuan. Meskipun kita ini terdiri dari berbagai macam suku bangsa, adat istiadat namun pada hakekatnya kita adalah saudara sebangsa dan setanah air.

Siapa lagi yang akan menjaga harga diri, harkat, serta martabat bangsa Indonesia selain kita pemuda/pemudi harapan bangsa. Tak ada yang tidak mungkin dalam kehidupan ini, apabila kita dengan sungguh hati menuntut revolusi yang sejati, maka niscaya semua itu akan terealisasi.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: